Profil Prodi

A.  VISI

Visi Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sriwijaya  adalah menjadi Prodi terkemuka dalam Pendidikan Biologi yang didukung kegiatan riset pada tahun 2025.

 

B.  MISI

Misi Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sriwijaya adalah:

  1. Menyelenggarakan Pendidikan dan pengajaran sains biologi yang menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan yang kompetitif pada tingkat nasional dan regional ASEAN.
  2. Menyelenggarakan Penelitian Pendidikan Biologi yang menghasilkan infor­masi serta inovasi pendidikan dan pembelajaran Biologi.
  3. Menyelenggarakan layanan bidang pendidikan Biologi kepada masyarakat.

     

C.  TUJUAN

Tujuan Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sriwijaya adalah:

  1. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Biologi yang memiliki seperangkat kompetensi sebagai berikut:
    a.Religius, berakhlak mulia, berkualitas dan mandiri.
    b.Menguasai sains Biologi dan pembelajaran Biologi untuk ...melaksanakan pembelajaran Biologi  se-SMP, SMA dan sederajat.
    c.Melaksanakan penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran ...Biologi yang beorientasi kepada kebutuhan pembelajaran Biologi di ...SMP, SMA dan sederajat.
    d.Mampu mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan ...pada bidang Biologi dan keprofesian yang dimilik dalam.kehidupan sehari-hari guna meningkatkan kualitas hidup.
     
  2. Menghasilkan karya inovatif dalam bidang Pendidikan Biologi untuk meningkatkan mutu dan informasi pendidikan Biologi.
     
  3. Menghasilkan karyayang berpotensi untuk meningkatkan hubungan yang sinergis dengan pemangku kepentingan (stakeholders) dan lembaga lain.

 

D.  PROFIL LULUSAN

Profil Lulusan Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sriwijaya adalah Pendidik Biologi dan Peneliti Pendidikan Biologi yang memiliki kompetensi  pengetahuan, sikap dan keterampilan minimal sebagai berikut:

  1. Pengetahuan:
    a. Menguasai, konsep, prinsip, dan prosedur  dasar  pengetahuan Biologi
    b. Menguasai konsep ilmu kependidikan (pedagogi) dan didaktikal Biologi
    c. Mampu mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan Biologi dan pembelajarannya
    d. Menguasai teknik dasar di bidang penelitian Biologi dan pembelajarannya.
     
  2. Sikap :
    Memiliki etika ilmiah dan mampu mengembangkan nilai-nilai kepribadian melalui pembelajaran Biologi.

3. Keterampilan :
    a. Merancang, melaksanakan dan  mengevaluasi pembelajaran Biologi sesuai tuntutan kurikulum sekolah
    b. Memiliki Kemampuan TPCK (Technological Pedadogical Content Knowledge)
    c. Mampu mengelola laboratorium Biologi atau IPA sekolah.
    d. Mengkomunikasi hasil-hasil penelitian pendidikan Biologi.